/Bunyi Suara Tek dari Bagian Depan Honda BeAT

Bunyi Suara Tek dari Bagian Depan Honda BeAT

Honda BeAT termasuk skubek yang banyak diminati. Namun ada keluhan, terdengar suara yang mengganggu dari bagian depan. Bunyinya cetek lumayan keras dari sekitar sokbreker depan. Biasanya akan timbul kalau roda depan melindas jalan berundak, sekalipun tidak terlalu tinggi, banyak rider BeAT yang mengeluhkan itu.

Keluhan serupa juga lumayan dan Em-Plus minta bantuan Ribut Wahyudi, service adviser Honda Bintang Niaga Jaya, Jl. Mayor Oking, Cibinong-Bogor. Ia mekanik yang kebetulan biasa dan pernah menangani masalah seperti ini.

Katanya, gejala macam ini bukan termasuk cacat produksi. Apalagi setelah dia mendalami sumber dan sebab timbul suara Ĺ“tek di seputar sok depan dari Honda Vario. Analisisnya, timbulnya suara lantaran pegas di dalam tabung sok punya karakter ulir renggang (lebih empuk), mulai dari atas sampai bawah. Sehingga, pada saat posisi sok rebound, pegas lebih dulu balik meregang ke atas dan enggak seimbang dengan sirkulasi oli.

Saya berani klaim bukan cacat produksi, lantaran karakter BeAT atau Vario memang khusus untuk dalam kota yang nggak banyak jalan berlubang. Makanya, skubek ini paling enak dan pas pakai spek pegas renggang seperti aslinya, jelas Ribut.

per shock

Tapi kalau memang merasa kurang nyaman, solusinya ganti pegas asli BeAT dengan per Honda Karisma yang harganya Rp13.000 per buah. Selain agak keras, lebih tinggi 5 mm. Bentuk ulir per tidak rata alias lebih rapat bagian bawah ketimbang atas, sehingga rebound pegas tidak cepat dan bisa meminimalkan suara cetek tadi.

Ganti per honda BeAT

Menggantinya juga tidak terlalu sulit. Sebab, pegas di dalam pipa teleskopik bisa dikeluarkan setelah ring clip pengunci penahan per dicopot dari rumahnya. Lalu tarik per perlahan agar oli sok tidak ikut keluar.
ganti per honda BeAT

Pokoknya tinggal tukar per tanpa harus bongkar pipa sok dari segitiga. Biar leluasa, tebeng depan baiknya dibongkar lebih dahulu, imbuh Ribut.

(dikutip dari beat-community.com)